Dimuat di harian Kedaulatan Rakyat.
Tanggal 29 Maret 2010.
Kolom DIGITAL
Jika ingin membaca koran versi online silakan klik di sini
DI Indonesia radio sudah banyak menjamur. Banyak anak muda kreatif yang lahir dari sebuah radio. Presenter dan orang-orang TV tak sedikit yang mengawali kesuksesan dari radio, produk yang terkenal juga berawal melalui iklan di radio, bahkan saat terjadi gempa dahsyat di Yogyakarta semua listrik padam dan hanya radiolah satu-satunya media informasi yang bisa kita gunakan.
Sejarah perkembangan radio ini sangat pesat. Tahun 1999 jumlah radio siaran swasta di Indonesia mencapai 915 stasiun. Sebelumnya hanya 670 stasiun. Memasuki tahun 2007, jumlah radio mencapai 1.700 stasiun. Di Yogyakarta sendiri semua kanal untuk radio komersial telah penuh terpakai, ini menunjukkan banyaknya radio yang ada di Yogyakarta dengan berbagai visi dan segmen pendengar serta program acara yang bervariatif. Pertumbuhan ini tidak lagi didorong faktor kemajuan teknologi, tetapi justru pertumbuhan bisnis radio yang makin melokal dan penerapan regulasi yang lebih longgar.
Tanggal 29 Maret 2010.
Kolom DIGITAL
Jika ingin membaca koran versi online silakan klik di sini
DI Indonesia radio sudah banyak menjamur. Banyak anak muda kreatif yang lahir dari sebuah radio. Presenter dan orang-orang TV tak sedikit yang mengawali kesuksesan dari radio, produk yang terkenal juga berawal melalui iklan di radio, bahkan saat terjadi gempa dahsyat di Yogyakarta semua listrik padam dan hanya radiolah satu-satunya media informasi yang bisa kita gunakan.
Sejarah perkembangan radio ini sangat pesat. Tahun 1999 jumlah radio siaran swasta di Indonesia mencapai 915 stasiun. Sebelumnya hanya 670 stasiun. Memasuki tahun 2007, jumlah radio mencapai 1.700 stasiun. Di Yogyakarta sendiri semua kanal untuk radio komersial telah penuh terpakai, ini menunjukkan banyaknya radio yang ada di Yogyakarta dengan berbagai visi dan segmen pendengar serta program acara yang bervariatif. Pertumbuhan ini tidak lagi didorong faktor kemajuan teknologi, tetapi justru pertumbuhan bisnis radio yang makin melokal dan penerapan regulasi yang lebih longgar.